skip to content

Ketahui Penerapan dan Contoh SEO Off-Page

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang berarti optimasi mesin pencari. Dengan kata lain, SEO adalah proses meningkatkan visibilitas dan peringkat website Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Di era serba digital ini, di mana banyak audiens melakukan pencarian informasi sebelum melakukan pembelian, SEO menjadi sangat penting untuk bisnis. Dengan menggunakan SEO, trafik organik website bisnis Anda bisa meningkat sehingga bisa meningkatkan brand awareness, leads, hingga penjualan.

Secara umum, teknik optimasi SEO dibagi menjadi tiga. Pertama, teknis website, berupa optimasi struktur website Anda, kecepatan website, dan mobile-friendliness. Kedua, optimasi on-page, yang melibatkan optimasi konten website Anda, judul halaman, meta deskripsi, dan tag gambar untuk kata kunci yang relevan. Terakhir, optimasi off-page, yakni membangun backlink ke website Anda dari website lain yang berkualitas tinggi.

Artikel ini akan membahas secara lebih rinci penerapan dan contoh SEO off-page. Yuk, kita mulai!

Apa Itu SEO Off-page?

SEO off-page, yang diterjemahkan menjadi “SEO di luar halaman” dalam bahasa Indonesia, adalah serangkaian teknik yang dilakukan di luar situs web Anda untuk meningkatkan peringkatnya di hasil pencarian mesin pencari (SERP).

Berbeda dengan SEO on-page yang berfokus pada optimasi konten dan elemen di dalam website Anda, SEO off-page berfokus pada faktor eksternal yang memengaruhi persepsi mesin pencari terhadap website Anda.

Dengan kata lain, SEO off-page bertujuan untuk membangun kredibilitas dan otoritas website Anda di mata mesin pencari, seperti Google.

Contoh SEO Off-page

Berikut adalah beberapa contoh SEO Off Page:

1. Backlink

Backlink adalah tautan dari website lain yang mengarah ke website Anda. Backlink berkualitas tinggi merupakan salah satu faktor terpenting dalam SEO Off Page. Semakin banyak website yang menautkan ke website Anda, maka semakin tinggi kredibilitas dan popularitas website Anda di mata mesin pencari.

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan backlink:

  • Guest blogging: Menulis artikel di website lain dan menyertakan tautan ke website Anda di dalam artikel.
  • Social media: Membagikan konten website Anda di media sosial dan mendorong orang lain untuk membagikannya juga.
  • Forum online: Berpartisipasi dalam forum online dan menyertakan tautan ke website Anda di profil Anda atau di dalam komentar Anda.
  • Directory submission: Mengajukan website Anda ke direktori website yang relevan.

Baca juga: Pahami Cara Kerja SEO untuk Datangkan Trafik Berkualitas

2. Social media marketing

Social media marketing adalah cara yang efektif untuk mempromosikan website Anda dan mendapatkan backlink. Anda dapat membagikan konten website Anda di media sosial, seperti Facebook, Twitter, TikTok, dan Instagram. Anda juga dapat menggunakan iklan berbayar di media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

3. Influencer marketing

Influencer marketing adalah cara yang efektif untuk mempromosikan website Anda kepada audiens yang tertarget. Anda dapat bekerja sama dengan influencer di niche Anda untuk mempromosikan website Anda kepada pengikut mereka.

4. Google My Business

Google My Business adalah layanan gratis dari Google yang memungkinkan Anda untuk mengelola profil bisnis Anda di Google Search dan Google Maps. Dengan Google My Business, Anda dapat menambahkan informasi tentang bisnis Anda, seperti alamat, jam buka, dan nomor telepon, menambahkan foto dan video tentang bisnis Anda, mendapatkan ulasan dari pelanggan, dan melihat statistik tentang bagaimana orang menemukan bisnis Anda di Google.

Berikut adalah contoh penerapan SEO Off Page dengan Google My Business:

  • Optimalkan profil Google My Business Anda: Pastikan profil Anda lengkap dan akurat. Gunakan kata kunci yang relevan dalam nama bisnis Anda, deskripsi, dan kategori.
  • Dapatkan ulasan dari pelanggan: Ulasan positif dari pelanggan dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda dan meningkatkan ranking Anda di Google Search.
  • Gunakan Google Posts: Google Posts memungkinkan Anda untuk membagikan berita, acara, dan penawaran terbaru dari bisnis Anda. Ini dapat membantu Anda menarik lebih banyak pengunjung ke website Anda.

Baca juga: Kenali Google My Business: Manfaat, Fitur, dan Cara Daftarnya

5. Brand Mention

Brand mention adalah ketika seseorang menyebutkan nama bisnis Anda di internet, baik di website, media sosial, atau forum online. Brand mention dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan popularitas website Anda di mata mesin pencari.

Berikut adalah contoh penerapan SEO Off Page dengan brand mention:

  • Pantau brand mention: Gunakan alat seperti Google Alerts untuk memantau brand mention di internet.
  • Berinteraksi dengan orang yang menyebutkan bisnis Anda: Tanggapi komentar dan pertanyaan dari orang yang menyebutkan bisnis Anda.
  • Dorong orang untuk menyebutkan bisnis Anda: Minta pelanggan Anda untuk menyebutkan bisnis Anda di media sosial atau di ulasan online.

6. Customer Review

Customer review adalah ulasan dari pelanggan tentang produk atau layanan Anda. Customer review yang positif dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda dan meningkatkan ranking Anda di Google Search.

Berikut adalah contoh penerapan SEO Off Page dengan customer review:

  • Minta pelanggan Anda untuk memberikan ulasan: Dorong pelanggan Anda untuk memberikan ulasan tentang produk atau layanan Anda di website Anda, di media sosial, atau di situs web ulasan online.
  • Tanggapi ulasan pelanggan: Tanggapi ulasan positif dan negatif dari pelanggan.
  • Gunakan ulasan pelanggan di website Anda: Tampilkan ulasan positif di website Anda untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Begitulah contoh SEO Off Page yang bisa Anda terapkan di website Anda. SEO Off Page adalah bagian penting dari SEO yang dapat membantu Anda meningkatkan ranking website di hasil pencarian. Ada banyak cara untuk melakukan SEO Off Page, dan Anda dapat memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, ketika Anda melakukan optimasi backlink, pastikan untuk mendapatkan backlink dari website yang berkualitas tinggi dan relevan dengan website Anda, hindari menggunakan teknik SEO Off Page yang curang, seperti black hat SEO, karena dapat menyebabkan website Anda dihukum oleh mesin pencari, dan lakukan SEO Off Page secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Jika Anda membutuhkan layanan SEO, Anda bisa menggunakan jasa SEO dari Onero Solutions. Onero Solutions merupakan digital agency yang telah berdiri sejak tahun 2013 dan terbukti berhasil membuat website klien berada di halaman pertama Google. Cek langsung halaman Case Study untuk melihat bagaimana kami membantu banyak klien dari berbagai industri. Hubungi kami sekarang untuk konsultasi lebih lanjut!

Don't forget to share this post!

Related Insights