skip to content

Lebih dari Sekadar Desain, Ketahui Makna Bagian Bagian Website

Di era digital ini, website menjadi salah satu alat penting untuk mempresentasikan diri, bisnis, atau organisasi Anda. Namun, banyak orang yang hanya fokus pada desain website yang menarik, tanpa memahami makna di balik setiap bagian bagian website.

Website bukan hanya tentang estetika. Di balik tampilannya yang indah, terdapat bagian bagian website yang memiliki makna dan fungsinya masing-masing. Bagian-bagian website, seperti header, hero section, content area, sidebar, dan footer, memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan, meningkatkan user experience, serta mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan. Memahami makna di balik bagian bagian website ini dapat membantu Anda membangun website yang efektif dan mencapai tujuan. Mari jelajahi makna di balik bagian bagian website.

Baca juga: Mengenal Fungsi dan Peran dari Bagian Bagian Website

ketahui makna bagian bagian website

Header

Bagian atas website ini bagaikan gerbang utama yang menyambut pengunjung. Di sinilah identitas website Anda terpancar melalui logo dan nama yang unik dan mudah diingat. Menu navigasi utama, bagaikan peta yang membantu pengunjung menemukan informasi yang mereka cari dengan mudah. Susunannya yang logis dan terstruktur dengan kategori dan subkategori yang jelas, memudahkan navigasi dan meningkatkan user experience.

Hero Section

Bagian ini bagaikan etalase yang menarik perhatian pengunjung. Gambar atau video yang memukau, memanjakan mata dan membangkitkan rasa ingin tahu. Pesan utama website tersampaikan dengan jelas dan ringkas, mengundang pengunjung untuk menjelajahi lebih dalam. Ajakan bertindak yang menarik, mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan, seperti mendaftar, membeli, atau mempelajari lebih lanjut.

Content Area

Inilah jantung website Anda, tempat konten berkualitas tinggi dan bermanfaat berkuasa. Artikel yang informatif, blog yang inspiratif, produk yang menarik, dan layanan yang solutif, semuanya tersaji dengan rapi dan mudah dibaca. Penggunaan heading dan subheading yang cerdas, membantu pengunjung memahami informasi dengan mudah. Struktur yang tertata dan format teks yang konsisten, memberikan pengalaman membaca yang nyaman.

Baca juga: 11 Kesalahan Umum dalam Menulis Konten dan Tips Menghindarinya

Sidebar

Bagian ini bagaikan asisten yang membantu pengunjung menemukan informasi tambahan yang relevan. Widget terbaru, kategori artikel, dan testimoni pelanggan, tersaji dengan menarik tanpa mengganggu fokus pada konten utama. Desain sidebar yang atraktif dan mudah dinavigasi, menambah nilai estetika dan fungsionalitas website.

Baca juga: Memahami Apa Itu Sidebar: Elemen Penting dalam Website

Footer

Bagian bawah website ini bagaikan fondasi yang kokoh. Informasi kontak yang jelas dan lengkap, membangun kepercayaan pengunjung. Copyright yang tertera, melindungi konten website Anda. Link ke halaman lain yang relevan, seperti kebijakan privasi dan sitemap, memudahkan pengunjung dalam menjelajahi website Anda.

Dengan memahami makna di balik bagian bagian website maka akan membantu Anda membangun website yang terstruktur dan mudah dinavigasi, serta menyampaikan pesan utama website dengan jelas dan efektif. Selain itu, Anda bisa meningkatkan user experience dan engagement pengunjung, serta mencapai tujuan website, baik untuk bisnis, edukasi, promosi, maupun tujuan lainnya.

Sebagai tips untuk mengoptimalkan setiap bagian bagian website, pastikan Anda menggunakan desain yang konsisten di seluruh website. Pastikan pula website Anda mobile-friendly dan lakukan optimasi SEO untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Terakhir, pantau traffic website Anda dan analisa data untuk memahami performa website.

Desain website memang penting, tetapi jangan lupakan makna di balik setiap bagian bagian website. Dengan memahami fungsinya dengan baik, Anda dapat membangun website yang lebih dari sekadar tampilan yang menarik, tetapi juga website yang bermanfaat dan mencapai tujuan. Bagi Anda yang ingin lebih memahami bagian bagian website dan cara mengoptimalkannya, silakan cek kumpulan Insight Onero.

Don't forget to share this post!

Related Insights