Placeholder canvas

6 Tips Meningkatkan Efektivitas Google My Business

Keberadaan online bagi bisnis menjadi krusial untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial. Terlebih di era digital ini, di mana menurut We are Social, penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai lebih dari 77% dari seluruh total populasi. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan visibilitas bisnis lokal Anda secara online adalah melalui Google My Business (GMB). Google My Business adalah platform gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu bisnis lokal menonjol dalam hasil pencarian dan memberikan informasi yang berguna kepada pelanggan. Bagi Anda yang baru mengetahui apa itu Google My Business, silakan mampir ke artikel berikut.

Baca juga: Kenali Google My Business: Manfaat, Fitur, dan Cara Daftarnya

Untuk Anda yang sudah kenal dengan Google My Business, yuk kita bahas lebih lanjut bagaimana cara untuk meningkatkan efektivitasnya sehingga bisnis Anda lebih dikenal.

Meningkatkan Efektivitas Google My Business

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan efektivitas penggunaan Google My Business:

1. Isi profil bisnis Anda dengan informasi yang lengkap dan akurat

Informasi yang lengkap dan akurat akan membantu pelanggan menemukan bisnis Anda dengan lebih mudah. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis restoran, pastikan Anda memasukkan informasi seperti nama restoran, alamat, nomor telepon, jam buka, dan menu makanan.

Informasi yang akurat juga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis toko pakaian, pastikan Anda memasukkan informasi yang benar tentang ukuran dan ketersediaan produk.

Berikut adalah beberapa contoh informasi yang dapat Anda masukkan ke dalam profil bisnis Anda:

  • Nama bisnis
  • Alamat (Pastikan terhubung dengan Google Maps)
  • Nomor telepon
  • Jam buka
  • Deskripsi bisnis
  • Kategori bisnis
  • Website
  • Media sosial
  • Foto dan video

2. Tambahkan foto dan video yang menarik

Foto dan video dapat membantu menarik perhatian pelanggan dan memberikan informasi yang lebih lengkap tentang bisnis Anda. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis salon kecantikan, Anda dapat menambahkan foto dan video produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Foto dan video yang Anda tambahkan haruslah berkualitas baik dan mewakili bisnis Anda dengan baik. Misalnya, foto produk yang Anda tambahkan haruslah jelas dan menunjukkan detail produk tersebut.

Berikut adalah beberapa tips untuk menambahkan foto dan video yang menarik ke profil bisnis Anda:

  • Gunakan kamera yang berkualitas baik
  • Gunakan pencahayaan yang tepat
  • Posisikan objek foto dengan baik
  • Edit foto dan video sebelum Anda mengunggahnya

3. Beri tanggapan terhadap ulasan pelanggan

Ulasan pelanggan adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pelanggan untuk menggunakan produk atau layanan Anda. Oleh karena itu, penting untuk memberikan tanggapan terhadap ulasan pelanggan.

Tanggapan Anda terhadap ulasan pelanggan dapat menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pendapat pelanggan dan Anda ingin meningkatkan kualitas bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk memberikan tanggapan terhadap ulasan pelanggan:

  • Tanggapi ulasan pelanggan dengan cepat
  • Berikan tanggapan yang positif dan sopan
  • Terima kritik pelanggan dengan terbuka dan gunakan untuk bahan evaluasi meningkatkan bisnis Anda

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis restoran dan pelanggan memberikan ulasan negatif tentang makanan Anda, Anda dapat memberikan tanggapan seperti berikut:

“Terima kasih atas ulasan Anda. Kami menyesal bahwa Anda tidak puas dengan makanan kami. Kami akan menindaklanjuti ulasan Anda untuk meningkatkan kualitas makanan kami.”

Dengan memberikan tanggapan yang positif dan sopan, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pendapat pelanggan dan Anda ingin meningkatkan bisnis Anda.

4. Perbarui informasi secara berkala

Informasi yang tidak diperbarui secara berkala dapat membuat pelanggan Anda bingung. Bahkan pelanggan bisa menjadi kecewa jika ada informasi yang tidak sesuai antara toko offline Anda dengan informasi di Google My Business.

Misalnya, jika alamat bisnis Anda berubah dan Anda tidak memperbarui alamat tersebut di Google My Business, pelanggan Anda mungkin akan kesulitan menemukan bisnis Anda.

Oleh karena itu, penting untuk meluangkan waktu memperbarui informasi bisnis Anda secara berkala. Anda dapat melakukannya setiap bulan atau bahkan setiap minggu, tergantung pada seberapa sering informasi bisnis Anda berubah.

Berikut adalah beberapa tips untuk memperbarui informasi bisnis Anda secara berkala:

  • Buat jadwal untuk melakukan pengecekan rutin terkait informasi bisnis Anda
  • Buat daftar informasi yang perlu Anda perbarui
  • Gunakan fitur kalender di Google My Business untuk mengingatkan Anda untuk memperbarui informasi

5. Gunakan fitur posting

Fitur posting adalah cara yang bagus untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda dan membangun hubungan dengan mereka. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berbagi informasi terbaru tentang bisnis Anda, seperti promosi, acara khusus, atau konten informatif (tips atau tutorial). Dengan berbagi informasi terbaru, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pelanggan Anda dan Anda ingin mereka tetap up-to-date tentang bisnis Anda. Selain itu, dengan fitur posting, Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan fitur posting di Google My Business:

  • Buat posting yang menarik dan informatif
  • Gunakan gambar atau video untuk membuat posting Anda lebih menarik
  • Gunakan hashtag untuk menjangkau lebih banyak orang
  • Buat jadwal untuk posting di Google My Business

6. Analisis statistik kinerja

Google My Business menyediakan statistik kinerja yang dapat Anda gunakan untuk melihat bagaimana bisnis Anda tampil di Google Maps dan Google Search. Statistik kinerja ini dapat membantu Anda memahami apa yang berhasil untuk bisnis Anda dan apa yang perlu Anda tingkatkan. Dengan tampilan dashboard yang sederhana, Anda dapat memantau jumlah tampilan profil, jumlah klik ke website, jumlah panggilan, hingga jumlah ulasan.

Dengan berbagai informasi ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat untuk bisnis. Misalnya, jika Anda melihat bahwa jumlah tampilan profil Anda meningkat, tetapi jumlah klik ke situs web Anda tetap sama, Anda dapat menyimpulkan bahwa Anda perlu meningkatkan kualitas konten situs web Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk menganalisis statistik kinerja:

  • Lakukan evaluasi statistik kinerja secara berkala
  • Bandingkan statistik kinerja Anda dari waktu ke waktu
  • Gunakan statistik kinerja untuk membuat keputusan yang lebih tepat untuk bisnis Anda

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan efektivitas Google My Business dan mengoptimalkan kehadiran online bisnis Anda. Dengan memberikan informasi yang akurat dan menarik, serta berinteraksi secara positif dengan pelanggan, Anda dapat menciptakan pengalaman online yang positif dan mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Untuk informasi menarik lain seputar dunia bisnis, pemasaran, dan teknologi digital, silakan kunjungi halaman Insight Onero Solutions. Anda akan menemukan artikel-artikel menarik yang dapat memberi insight dalam mengelola bisnis secara online.

Tidak hanya itu, lihat juga halaman Case Study untuk melihat bagaimana Onero Solutions telah membantu klien dari berbagai industri mencapai kesuksesan secara online. Kami bangga menjadi bagian dari perjalanan sukses mereka dan berbagi kisah inspiratif melalui studi kasus yang kami sajikan.

Jika Anda saat ini mencari solusi untuk kebutuhan pembuatan website, aplikasi, atau layanan pemasaran digital seperti SEO, Google Ads, dan Meta Ads, silakan hubungi Onero Solutions melalui formulir di bawah ini. Sebagai agensi digital yang telah berpengalaman sejak 2013, kami berkomitmen untuk membantu berbagai jenis bisnis, dari perusahaan besar hingga UMKM, untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan kehadiran digital mereka menggunakan teknologi dan metode terbaik yang tersedia. Kami siap membantu mewujudkan tujuan digital Anda!

Don't forget to share this post!

Related Insights