Apakah Anda tahu kalau Facebook dan Instagram yang dipakai adalah salah satu jenis website? Atau apakah Anda tahu tempat menulis sesuatu dan dibagikan secara online seperti Blog juga merupakan website? 

Saat ini, banyak masyarakat yang tanpa sadar sudah menggunakan berbagai fungsi website. Dalam membuat website, tidak melulu harus menggunakan jasa anak IT untuk proses coding dan segala macam.

Pembuatan web kini juga bisa Anda lakukan sendiri dengan menggunakan website builder tanpa memerlukan skill coding, seperti WordPress dan Wixsite. Lalu, bagaimanakah proses pembuatan web melalui web builder ini dan apa sajakah perbedaan keduanya?

Cara Pembuatan Web Wordpress dan Wixsite

WordPress adalah website builder yang sudah lama dan terkenal di bidang pembuatan web. Untuk proses pembuatan web melalui WordPress, Anda diharuskan untuk membeli nama domain dan server hosting. 

Nama domain digunakan sebagai alamat website untuk mengarahkan pengguna internet ke web Anda. Sedangkan, server hosting adalah ‘rumah online’ sebagai tempat data website Anda berkumpul dan disimpan. WordPress juga harus diinstall di server hosting dan pemeliharaan web builder ini juga cenderung tidak otomatis sehingga Anda harus rajin meng-update dan back-up data.

Sedangkan, Wixsite lebih diutamakan untuk pemula yang bisa langsung membuat website tanpa membeli domain dan server hosting. Anda tinggal mengatur langsung di Wixsite untuk berbagai fitur yang dijalankan dengan semi-otomatis. Selain itu, Anda pun bisa memilih dan mengatur layout website tanpa perlu meng-install apapun.

Dikarenakan Wixsite ditargetkan untuk pengguna yang masih pemula, web builder ini memang terlihat jauh lebih mudah untuk dipakai daripada WordPress.

Fleksibilitas dan Fitur Serbaguna

Seperti yang sudah diketahui, Wixsite menyediakan template yang sudah tersedia dan bisa membantu dalam pembuatan web yang berfungsi sempurna. Meski begitu, ada beberapa hal yang tidak bisa dimasukkan ke dalam Wixsite. 

Wixsite membatasi penggunanya dalam mengubah isi web. Ada beberapa plugin atau di Wix disebut ‘applications’ yang tidak bisa dipakai.

Disinilah WordPress dianggap lebih baik daripada Wix. Pembuatan web menggunakan Wordpress dinilai lebih fleksibel dalam menggunakan berbagai plugin dan fitur. Sebab, di awal Anda sudah membeli domain dan server hosting sehingga lebih bebas dalam menggunakan web builder satu ini.

Biaya dan Pemeliharaan

Seperti dijelaskan sebelumnya, Wixsite ditujukan untuk pemula. Oleh karena itu, web builder satu ini menawarkan paket gratis untuk pemula. Akan tetapi, Anda dibatasi dalam penggunaan beberapa fitur di dalamnya. 

Kemudian, di Wixsite ada juga paket biaya per bulan yang menyesuaikan dengan aplikasi dan domain yang digunakan. Paket biaya ini mungkin lebih menarik para pemula pembuatan web karena dinilai praktis dan cenderung murah walaupun dengan beberapa batasan fitur.

Sedangkan, untuk instalasi WordPress tidak dipungut biaya apapun. Akan tetapi, terdapat biaya khusus untuk domain dan server hosting. Selain itu, fitur dan plugin yang dipakai di dalam WordPress juga memengaruhi biaya yang akan dikeluarkan untuk pembuatan web ini.

Dari perbedaan WordPress dan Wixsite di atas, tentunya Anda  menjadi lebih mengetahui cara pembuatan web untuk kebutuhan, bukan? Namun, dengan beberapa detail dan pembatasan pemakaian yang berbeda-beda, Anda juga perlu mempelajari lebih lanjut jika benar-benar ingin membuat web sendiri.

Jika kesulitan menerapkan beberapa cara di atas dan kebingungan menentukan web builder mana yang ingin dipilih, Anda bisa menghubungi Onero Solutions. Onero Solutions adalah jasa web developer terbaik dan terpercaya di Indonesia yang dapat membuat berbagai jenis web, seperti company profile dan toko online. Onero akan membuat desain web yang menarik dengan dilengkapi beragam fitur canggih.

Selain dapat membuat berbagai jenis web, Onero pun memiliki layanan menarik lainnya. Mulai dari desain web, maintenance web, pembuatan mobile apps, custom apps, digital marketing, maintenance social media, hingga optimasi SEO. 

Onero juga membuka kesempatan untuk Anda berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan jasa apa yang digunakan dan bisa disesuaikan dengan budget. Menarik banget, kan? Segera hubungi Onero untuk dapatkan website impian Anda!

Posted by: mayang