Placeholder canvas

Kuasai Cara Bikin Iklan di Google untuk SEM Bisnis

Dalam bisnis digital, membuat website profesional dan media sosial yang aktif belum cukup untuk menjadikan bisnis Anda nomor satu di hasil pencarian Google. Karena itulah Anda juga harus pintar-pintar dalam menyusun dan mengeksekusi strategi promosi yang tepat di era digital ini.
Dengan banyaknya hasil pencarian di Google per keyword yang relevan, Anda tentu memiliki banyak kompetitor bisnis yang juga berlomba-lomba untuk mendapatkan tempat tertinggi di hasil pencarian Google.
Jangan khawatir! Anda juga bisa menempatkan website Anda di peringkat tinggi dengan memanfaatkan strategi SEM (Search Engine Marketing). Strategi ini bisa dilakukan dengan menguasai cara bikin iklan di Google.
Iklan di Google akan berbentuk tulisan jenis bisnis beserta deskripsinya yang disesuaikan dengan keyword relevan dan target pemirsa yang tepat. Tipe iklan ini akan berguna untuk mempertemukan leads kepada pebisnis dengan menaruh website yang di iklankan di urutan pertama hasil pencarian Google.
Untuk Anda yang ingin menggunakan iklan Google, berikut ini cara bikin iklan di Google untuk SEM bisnis Anda.
1.   Pelajari Beberapa Istilah Dasar Google Ads
Ada beberapa istilah dasar iklan Google yang harus Anda pahami sebelum menguasai cara bikin iklan di Google. Contohnya seperti keyword atau kata kunci yang biasanya sering dicari di mesin pencarian.
Lalu ada bid, ini berarti jumlah budget maksimum yang bisa Anda bayarkan ketika ada orang yang meng-klik iklan Anda. Terdapat juga istilah Quality Score atau matriks yang menjelaskan seberapa relevannya keyword dengan iklan Anda.
Kemudian ada istilah Ad Rank atau matriks yang membantu promosi ads Anda. Lalu terdapat juga CPC atau (Cost-per-Click) yang artinya budget yang harus Anda bayarkan seseorang meng-klik iklan. Lalu terakhir ada Conversion yang artinya merubah pemirsa menjadi pelanggan.
2.   Atur Nama Bisnis dan Nama Situs Anda
Cara bikin iklan di Google menggunakan Google Ads. Anda hanya tinggal memilih apa tujuan memasang iklan, nama bisnis, hingga alamat situs untuk dipromosikan. Anda juga akan melihat pratinjau website di level ini.
3.   Pilih Kata Kunci yang Relevan dan Lokasi Target Pasar
Memilih kata kunci yang relevan dan lokasi sesuai dengan target pelanggan adalah cara Google untuk mengerucutkan target se-spesifik mungkin. Kecanggihan inilah yang sebenarnya menjadi kunci penguasaan cara bikin iklan di Google.
Jangan lupa untuk market research dulu sebelum menentukan part ini ya.
4.   Tulis Detail Iklan
Detail iklan disini berbentuk judul dan deskripsi relevan hingga tiga kolom. Ini berfungsi sebagai pilihan iklan yang akan muncul sesuai dengan keyword yang diketik oleh pengguna Google.
5.   Koneksikan ke Google Analytics
Google Ads bisa dikoneksikan dengan Google Analytics! Dengan begini, Anda bisa memastikan hasil pasti dari eksekusi cara buat iklan di Google ini. Pastikan data dan pola yang dihasilkan bisa digunakan secara profesional untuk meningkatkan strategi iklan Google yang lebih baik untuk bisnis Anda kedepannya.
6.   Siap Launch!
Luncurkan iklan Anda dengan memastikan metode pembayaran terlebih dahulu dan iklan siap ditampilkan di layar hasil pencarian Google pemirsa Anda!
Cara bikin iklan di Google cukup mudah bukan? Namun pastikan data yang dihasilkan juga bisa dikuasai agar iklan yang dibuat tetap efektif dan fungsinya bisa dimaksimalkan. Salah satu cara untuk membuat iklan Google lebih efektif, hemat tenaga dan uang, serta data yang terbaca secara profesional, bisa dengan menyewa jasa khusus iklan Google.
Salah satu penyedia jasa yang cocok dengan kebutuhan ini adalah Onero Solutions. Onero merupakan digital agency yang ahli dalam iklan online seperti Google Ads dan iklan media sosial lainnya. Onero juga profesional dalam meng-handle optimasi SEO dan pembuatan website untuk memaksimalkan digital marketing berbagai bisnis. Konsultasikan kebutuhan iklan Google Anda bersama Onero Solutions untuk menembus target market Anda.

Don't forget to share this post!

Related Insights