Placeholder canvas

34 Keyword on Google First Page and 14k Monthly Visitors

14k
Monthly Organic Traffic
34
Keywords on Google First Page
7,17%
Conversion Rate

Overview

Kyu Partners Indonesia merupakan distributor resmi Q8Oils di Indonesia, berperan dalam distribusi pelumas dan produk otomotif lainnya dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di bisnis pelumas. Pada kesempatan ini Onero Solutions dipercayakan untuk membangun digital presence melalui pembuatan website hingga meningkatkan brand awareness dan penjualan di marketplace.
Q8-Oils-Case-Study-1

Challenge

Brand pelumas Q8Oils belum begitu dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Pesaing yang relatif banyak dan harga produk yang relatif tinggi juga menjadi tantangan utama.
Untuk menghadapi tantangan ini, awal campaign yang dibuat fokus pada tahap awareness dengan menggaungkan kualitas premium produk Q8Oils dan menargetkan audiens kelas menengah ke atas.
Q8-Oils-Case-Study-2

Solution

Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, Kyu Partners Indonesia menjalankan strategi Inbound Marketing menggunakan berbagai channel, berupa SEO, Google Ads, Facebook & Instagram, WhatsApp, dan email.
  • SEO: Bertujuan mengenalkan produk Q8Oils kepada audiens yang mencari pelumas di mesin pencari seperti Google. Karena website Kyu Partners Indonesia ini baru dibuat, pemilihan keyword di awal fokus pada tipe long tail keyword yang kemudian sedikit demi sedikit beralih ke short tail keyword. Keyword research dilakukan dengan menyesuaikan minat audiens Kyu Partners Indonesia dan mempublikasikan 20 artikel berkualitas setiap bulan. Artikel yang dipublikasi memiliki beberapa tujuan seperti artikel untuk edukasi, informasi, dan promosi.
  • Facebook dan Instagram Organik: Optimasi Facebook dan Instagram Organik dilakukan untuk meningkatkan awareness di media sosial. Konten dibuat dengan konsep elegan profesional, menggunakan brand guideline yang telah disepakati bersama.
  • Facebook dan Instagram Ads: Untuk memperluas target audiens, iklan berbayar juga dijalankan di Facebook dan Instagram. Berbagai optimasi dan testing dilakukan untuk menjangkau audiens yang tepat dan menarik perhatian mereka. Terdapat beberapa jenis iklan yang dijalankan, berupa:
    • Brand Awareness: dilakukan menggunakan video edukasi terkait pelumas.
    • Leads: dilakukan untuk mengumpulkan data audiens yang memiliki ketertarikan dengan produk Q8Oils.
    • Sales: dilakukan untuk promosi produk Q8Oils dan mengarahkan audiens untuk melakukan pembelian ke marketplace.
    • Partner: dilakukan untuk menjaring partner bengkel yang ingin bekerja sama dalam mendistribusikan produk Q8Oils.
  • Google Ads: Search Ads dijalankan untuk meng-cover audiens yang telah mengenal Q8Oils melalui media sosial sehingga melakukan pencarian di Google untuk lebih mengenal Q8Oils. Selain itu, Google Display Network juga diaktifkan untuk meningkatkan awareness terhadap brand Q8Oils. Untuk memastikan trafik yang masuk berkualitas, dipilih bidding yang fokus ke conversion, menarget audiens dengan spesifik lokasi, dan melakukan exclusion pada penempatan iklan dan keyword yang tidak relevan.
  • Email: Leads yang didapat melalui SEO maupun iklan di media sosial dan Google Ads, disimpan dalam database email untuk dikirimkan informasi terkait promo maupun newsletter bulanan.
  • WhatsApp: Menggunakan CRM Satuin, WhatsApp digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, menginformasikan kode promo, menjawab pertanyaan seputar produk, dan pendaftaran menjadi partner Q8Oils.
Q8-Oils-Case-Study-3

Results

  • SEO
    • Trafik organik meningkat dari 0 hingga lebih dari 14K per bulan selama 12 bulan optimasi.
    • Terdapat 34 dari 100 keywords di halaman pertama mesin pencari Google.
  • Facebook dan Instagram Organik
    • Peningkatan engagement rate Instagram menjadi lebih dari 3%.
    • Peningkatan jumlah followers hingga lebih dari 1000 followers.
  • Facebook dan Instagram Ads
    • Rata-rata CTR selama campaign berjalan ada di angka 3,3% lebih tinggi dari benchmark industri sejenis.
    • Facebook dan Instagram ads menyumbang lebih dari 50% sumber trafik website, menunjukkan keberhasilan campaign awareness.
    • Campaign ini memperoleh coversion rate 13,40% dan mengumpulkan lebih dari 200 leads yang tertarik pada produk pelumas.
    • Campaign terkait produk berhasil meningkatkan aktivitas di marketplace, terutama Tokopedia.
    • Campaign partner berhasil menjaring 130 leads yang tertarik menjadi distributor Q8Oils.
  • Google Ads
    • Selama campaign, CPC rata-rata Rp1.560 dengan nilai Conversion Rate rata-rata 7,17%.
    • Campaign awareness di Display Network berhasil mendatangkan banyak trafik ke website.
  • Email
    • Tingkat open rate berada di kisaran 17-20% (lebih tinggi dari rata-rata industri sejenis, yaitu 14,5%), dengan click rate ada di angka 2,94%.
  • WhatsApp
    • Konsultasi dan informasi promo ditanggapi lebih efektif dengan WhatsApp yang ditunjukkan dengan banyaknya leads yang bertanya.
14k
Monthly Organic Traffic
34
Keywords on Google First Page
7,17%
Conversion Rate
Q8-Oils-Case-Study-4

Conclusions

Kemitraan antara Kyu Partners Indonesia dengan Onero Solutions menghasilkan kehadiran digital yang kuat untuk produk Q8Oils di Indonesia. Berfokus pada strategi Inbound Marketing melalui berbagai channel, yakni SEO, SEM, Meta Ads, email, dan CRM, kami dapat meningkatkan brand awareness dan penjualan produk Q8Oils di marketplace, serta menghadapi tantangan pesaing yang kuat.
Onero Solutions white logo
Start growing your business with us

Increase efficiency, productivity and business performance with various Onero Solutions products and services.