Menurut Hootsuite, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 73% dari total keseluruhan penduduk yang jumlahnya mencapai 274,9 juta jiwa. Dengan tingginya jumlah pengguna internet ini, hampir semua pengguna internet menggunakan Google sebagai mesin pencari utama.

Hal ini membuat Google menjadi sasaran dunia periklanan yang efektif bagi pelaku bisnis. Cara membuat iklan di Google menjadi pengetahuan yang wajib diketahui oleh para pebisnis yang ingin usahanya dikenal lewat mesin pencari dan saling berlomba untuk muncul di hasil teratas.

Cara membuat iklan di Google menggunakan fitur Google Ads atau dulu lebih dikenal dengan Google AdWords. Anda sebagai pebisnis yang ingin beriklan di Google harus mempersiapkan akun Google khusus bisnis. Akan lebih baik jika Anda memisahkan akun Google pribadi dengan yang bisnis agar informasi yang masuk ke dalam email tidak tercampur.

Untuk membantu Anda beriklan di Google, berikut artikel ini akan menjelaskan beberapa cara membuat iklan di Google yang mudah dan praktis. Untuk memulai cara-cara di bawah ini, jangan lupa dimulai dengan membuka Google Ads terlebih dahulu ya.

1.     Tentukan Sasaran Utama Iklan

Cara membuat iklan di Google yang pertama ialah menentukan sasaran utama iklan. Terdapat 3 jenis sasaran atau tujuan iklan, yaitu untuk mendapatkan lebih banyak panggilan, mendapatkan lebih banyak penjualan atau pendaftaran web, dan mendapatkan lebih banyak kunjungan ke lokasi fisik. Pada artikel ini akan memilih tujuan beriklan untuk mendapatkan banyak penjualan atau pendaftaran web.

2.     Masukkan Nama Bisnis

Kemudian, dilanjutkan dengan memasukkan nama bisnis Anda. Nama bisnis akan menjadi bagian yang terlihat paling menonjol di mesin pencari.

3.     Masukkan Nama Web Toko Online

Dikarenakan tujuan utama iklan ini untuk mendapatkan banyak kunjungan ke website, maka Anda di tahap ini perlu menulis alamat website untuk ditinjau oleh Google terlebih dahulu. 

4.     Cek Website

Pada bagian ini, website Anda akan ditampilkan dengan contoh tampilan desktop dan mobile. Hal ini dilakukan agar Anda sebagai yang memasang iklan dapat mengetahui bagaimana pengunjung nantinya melihat website setelah meng-klik iklan.

5.     Tentukan Detail Iklan

Cara membuat iklan di Google selanjutnya ialah menentukan detail iklan, mulai dari judul, deskripsi, hingga alternatifnya. Anda juga bisa memilih untuk memperlihatkan nomor telepon bisnis atau tidak di bagian ini.

6.     Tambahkan Tema Kata Kunci

Kata kunci adalah hal terpenting dalam beriklan di Google. Dengan mengatur kata kunci yang paling relevan dengan iklan, maka pengguna internet yang nantinya akan mencari jenis produk yang Anda jual akan langsung mendapatkan hasil pencarian yang memperlihatkan iklan Anda.

7.     Targetkan Lokasi

Mengatur target spesifik di Google Ads juga termasuk dengan menentukan lokasi sasaran iklan Anda. Anda bisa memilih untuk menaruh alamat tertentu atau di wilayah yang lebih luas dengan memakai kode pos atau detail wilayah lainnya.

8.     Tetapkan Anggaran

Iklan Google juga memiliki kecanggihan dalam menentukan anggaran. Dengan demikian, Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang sudah disiapkan untuk beriklan di Google.

9.     Cek Iklan Secara Keseluruhan

Di tahap ini, Anda sudah bisa melihat keseluruhan iklan beserta tahapan pengecekan terakhir sebelum membayar.

10. Konfirmasi Pembayaran


Anda tinggal memilih metode pembayaran dan menyetujui persyaratan wajib mengenai Google Ads. Kemudian, iklan Anda sudah siap dipasang!

Cara membuat iklan di Google sangat mudah, bukan? Detail iklan yang ditawarkan memang banyak, namun tetap ditampilkan secara minimalis dan mudah diterapkan untuk para pemula.

Bila kesulitan dan kebingungan dengan cara membuat iklan di Google di atas, Anda bisa mempercayakannya kepada digital agency yang tepat, seperti Onero Solutions. 

Onero Solutions memiliki layanan digital marketing terbaik untuk Anda. Tak hanya Google, Anda pun bisa membuat iklan di Facebook, Instagram, Youtube, dan platform lainnya dengan jasa Onero Solutions. Iklan buatan Onero Solutions dijamin mampu menarik banyak audiens yang berpotensi menjadi pelanggan setia Anda.

Selain digital marketing, Onero Solutions juga memiliki layanan optimasi SEO, maintenance social media, pembuatan web toko online, company profile, mobile app, custom app, maintenance web, desain web, dan jasa lainnya yang bisa membantu mengembangkan bisnis Anda. Dijamin Anda akan puas dengan layanan dan hasil kerja Onero!

Posted by: mayang