Apakah Anda baru merintis UKM dan ingin menjangkau pasar secara meluas? Apabila iya, Anda harus memiliki strategi promosi online yang baik. Sebab, jika hanya mengandalkan word-of-mouth atau dari mulut ke mulut, UKM Anda tidak bisa bersaing di era digital seperti sekarang. Akan tetapi, bila dibantu dengan promosi online, bisnis Anda dapat bersaing dengan para kompetitor di ranah digital.

Promosi online saat ini ada yang gratis dan ada yang berbayar. Bila memiliki budget lebih, tidak ada salahnya memilih yang berbayar asalkan Anda memilih platform yang tepat dan menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan dan modal pun bisa balik berkali-kali lipat.

Bagi Anda para pemilik UKM yang tertarik berpromosi secara online dan ingin ikut bersaing di dunia digital, berikut artikel ini telah merangkum sederet daftar platform yang cocok untuk digunakan promosi online.


1.     Facebook

Facebook memiliki fitur iklan yang disebut dengan Facebook Ads. Sebagai media sosial yang paling banyak dipakai di Indonesia, Facebook dapat menjadi media iklan yang bisa membantu melariskan penjualan produk Anda.

Facebook Ads bisa Anda temui di dalam profil halaman bisnis yang dimiliki. Dalam Facebook Ads terdapat dua jenis pengaturan iklan, yaitu Facebook Ads Centre dan Facebook Ads Manager. 

Untuk yang pemula dalam promosi online di Facebook, Facebook Ads Centre dapat menjadi pilihan. Sebab, jenis pengaturan iklan ini memiliki tampilan yang minimalis dan bisa menargetkan audiens secara spesifik dengan praktis. Menariknya lagi, tiap pengaturan Facebook Ads dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

2.     Instagram

Sejak tahun 2012 Instagram sudah menjadi milik Facebook. Oleh karena itu, pengaturan iklan di Instagram digabung dalam Facebook Ads Manager. Promosi online melalui Instagram lebih menonjolkan visual iklan yang cantik tanpa deskripsi yang bertele-tele.

Bila tertarik menggunakan platform ini, Anda harus memiliki akun bisnis terlebih dahulu sebelum mempromosikan produk. Melalui Instagram, Anda bisa membangun brand awareness dengan melakukan content marketing. Strategi ini biasanya dilakukan untuk menarik pengunjung untuk menelusuri profil bisnis Anda, lalu menjadikan mereka pelanggan.

3.     Google

Mesin pencari Google juga memiliki sistem Search Engine Marketing (SEM) yang memakai layanan Google Ads. Layanan ini dapat menargetkan kriteria pelanggan dengan spesifik menggunakan keyword yang sering dicari oleh pelanggan Anda.

Iklan pada Google Ads nantinya akan memunculkan website toko online Anda yang di urutan pertama di hasil pencarian Google. Jika memakai layanan ini, Anda bisa menjangkau pelanggan secara meluas dan tepat sasaran.

4.     Marketplace

Marketplace seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia adalah platform yang tepat untuk mendukung bisnis Anda dengan cara melakukan promosi online. Anda bisa membuat toko online di marketplace. Jadi, ketika pengguna marketplace mencari jenis produk seperti yang Anda jual, mereka akan menemukan toko online Anda.

Selain itu, Anda pun bisa menggunakan fitur ads untuk mengenalkan toko online kepada pengguna marketplace. 

Marketplace adalah platform promosi online yang praktis dan mudah diakses. Hal inilah yang membuat banyak pengguna internet memilih platform ini untuk mencari produk yang diinginkan dibanding mencari di media sosial atau browsing Google.

5.     Website

Promosi online menggunakan website adalah strategi yang paling tepat di era sekarang. Toko online yang memiliki website sendiri dengan desain menarik akan tampak lebih profesional di mata pelanggan. Selain itu, dengan adanya website, Anda bisa lebih menghemat budget. Sebab, di web toko online tersebut Anda juga bisa melakukan promosi sesuai keinginan. 

Anda bisa meminta kepada jasa pembuatan web toko online untuk dibuatkan banner promosi di website mengenai produk terbaru atau promosi yang sedang berjalan, seperti diskon, buy 1 get 1, dan lainnya. Jadi, pengunjung web Anda akan lebih mudah melihat promosi toko online.

Untuk memudahkan melakukan promosi online di platform-platform di atas, Anda dapat bekerja sama dengan digital agency yang profesional dalam digital marketing, seperti Onero Solutions. Onero Solutions menawarkan jasa promosi online di berbagai platform yang dijamin tepat sasaran sesuai target audiens Anda. Bahkan, Onero Solutions bisa mendatangkan audiens yang berpotensi menjadi pelanggan Anda sehingga penjualan pun akan ikut meningkat! 

Selain promosi secara online, Onero Solutions juga profesional dalam melakukan maintenance social media untuk akun bisnis dan optimasi SEO untuk web toko online Anda. Anda yang belum memiliki web toko online juga bisa menggunakan jasa Onero Solutions. Nantinya mereka akan membuatkan web toko online yang menarik, unik, serta dilengkapi berbagai fitur fungsional untuk memudahkan transaksi, seperti adanya fitur live chat, shopping cart, wishlist, beragam metode pembayaran, dan lainnya.

Tak hanya itu, Onero Solutions juga handal dalam pembuatan web company profile, mobile app, custom app, desain website, dan maintenance web. Menariknya lagi, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan Onero Solutions agar mereka dapat mengetahui segala kebutuhan dan keinginan Anda.

Posted by: mayang