Digital marketing adalah strategi pemasaran yang mengandalkan teknologi digital, seperti internet dan media sosial untuk mempromosikan suatu produk atau layanan. Jika Anda pernah melihat iklan di Google, Facebook, Instagram, dan platform lainnya, itu adalah salah satu contoh dari digital marketing.

Saat ini, masih banyak pebisnis yang masih mempercayai konsep konvensional marketing yang mengandalkan billboard, brosur, atau pamflet. Akan tetapi, jenis marketing ini bisa dikatakan sudah ketinggalan jaman. Selain itu, konvensional marketing pun tidak efisien, baik dari tenaga, waktu, dan budget.

Di era digital seperti sekarang, Anda sebagai pebisnis perlu mengenal konsep digital marketing. Dengan mengenal konsep-konsep dari digital marketing, Anda bisa bersaing dengan kompetitor. Bahkan, jika mempelajari digital marketing, Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan dan penjualan pun akan meningkat pesat.

Pada artikel ini akan menjelaskan 3 konsep digital marketing yang wajib diketahui para pebisnis. Apa sajakah konsep tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.


1.     Produksi

Dalam konsep digital marketing, produksi yang dimaksud adalah produksi ide dan produk ide yang akan dijual.

Untuk konsep produksi ide, yaitu sebuah proses di mana pebisnis harus mempertimbangkan konsep bahwa pelanggan lebih memilih untuk membeli produk yang terjangkau dan familiar. Bukan berarti Anda tidak bisa berinovasi, namun konsep produksi ide ini memang harus menyeimbangkan antara kreasi dengan hal-hal yang bisa menarik perhatian pelanggan.

Lalu, ada konsep produk ide. Konsep digital marketing satu ini lebih berfokus kepada pelanggan yang lebih memilih produk yang memiliki kualitas tinggi dengan fitur canggih. Untuk menjalankan konsep produk ide, harus diimbangi dengan brainstorming dengan tim market research untuk memahami pelanggan dan mencocokkan dengan inovasi ide pebisnis.

2.     Penjualan Ide

Untuk konsep digital marketing satu ini, penjualan ide adalah konsep dimana pelanggan tidak mungkin akan membeli produk atau jasa yang tidak diketahui sebelumnya.

Asingnya suatu produk di mata masyarakat cenderung akan membuat produk menjadi sulit menemukan pelanggan yang tepat. Oleh karena itu, konsep digital marketing satu ini perlu diperhatikan apalagi jika ide yang ditawarkan di pasaran sangatlah baru.

Untuk memastikan penjualan ide tersampaikan dengan baik, kembali lagi ke market research dan hasil dari imbangnya ekspektasi penjual dan pembeli. Setelah dasar konsep ini sudah kuat, maka Anda bisa ke konsep digital marketing selanjutnya, yaitu pemasaran.

3.     Pemasaran

Konsep digital marketing satu ini berfokus pada cara perusahaan menyampaikan visi, misi, dan nilai yang dianut dalam produk yang dijual.

Jika sebagai pebisnis yang menghasilkan produk untuk menyelesaikan suatu permasalahan, maka Anda harus memastikan bahwa tujuan dapat tersampaikan dengan baik dalam berbagai aspek promosi yang akan dilakukan.

Konsep pemasaran memang mengutamakan kemauan pelanggan sehingga keputusan segala jenis pemasaran akan bergantung dari tren di pelanggan. Akan tetapi, konsep ini juga berpegang pada prinsip seimbangnya antara apa yang diinginkan pelanggan dengan apa yang diinginkan oleh pebisnis. 

Setelah mengetahui konsep digital marketing yang dijelaskan di atas, apakah kini Anda siap menerapkan konsep-konsep tersebut? Bila mengalami kesulitan dan masih kebingungan, disarankan Anda menggandeng digital agency terbaik, seperti Onero Solutions.

Onero Solutions adalah digital agency terbaik dan berkualitas yang telah berpengalaman sejak tahun 2013 menawarkan jasa digital marketing untuk berbagai jenis bisnis. Anda bisa berkonsultasi mengenai segala kebutuhan dan keinginan mengenai digital marketing kepada Onero Solutions. Selain digital marketing, Onero Solutions pun dapat mengoptimasi SEO dan melakukan maintenance social media untuk akun bisnis Anda.

Tak hanya itu, Onero Solutions juga dapat membuatkan website toko online, company profile, custom app, mobile app, design web, dan maintenance web untuk segala kebutuhan bisnis online Anda. Komplit banget, kan? Jadi, bisnis online Anda dapat terpenuhi dengan baik oleh Onero!

Posted by: mayang